Rumah Baca Kids adalah pengembangan dari Rumah Baca, yang semula merupakan diskusi buku secara on line. Rumah Baca Kids ini lebih dikhususkan sebagai kegiatan yang memberi ruang kepada anak-anak kampung di Parung, Bojongkulur, Gunung Putri, Bogor, untuk bebas berekspresi khas anak-anak. Semangatnya adalah bahwa kesadaran kritis harus dibangun sejak dini.

Posisi perkampungan, di mana anak-anak tinggal, praktis terjepit dengan kompleks perumahan yang terus tumbuh. Bukan bermaksud melawan gempuran para pendatang, tapi justru menumbuhkan semangat pantang menyerah, mandiri, sekaligus kritis.

Program reguler yang digulirkan setiap minggu pagi, pukul 07.00 – 08.30 kelihatan hanya berupa main-main. Tapi justru dari sana, anak-anak mulai menyadari potensinya. Dengan bermain mereka belajar berani, mandiri, kreatif, kerja sama, dan juga belajar berkomunikasi serta menjadi pemimpin.

Latar belakang pembina Rumah Baca Kids, seorang aktivis LSM pemberdayaan masyarakat, tak diragukan lagi memiliki segudang tools untuk media belajar dan berinteraksi. Rumah Baca Kids juga dikelola oleh seorang guru yang memiliki energi lebih untuk berbagi dengan sesama.

Rumah Baca Kids terbuka untuk siapa saja yang ingin menyumbangkan tenaga, pikiran, ataupun sumbangan materi (buku-buku, permainan anak, dll).

Ayo, datanglah ke Rumah Baca Kids.

Markas Rumah Baca Kids

Markas Rumah Baca Kids

Alamat:

Jl. Letda Nasir, Gg. Majlis Taklim No 25 A,

Kampung Parung RT 01/RW 11, Bojongkulur, Gunung Putri

Bogor.

(temukan di google map)

Contact Person:

Indriyani – 081319806673

9 Responses to “Tentang Kami”


  1. 1 Sofian Munawar Asgart December 19, 2011 at 3:20 pm

    waddduhhh senang membaca blog ini, semoga kapan-kapan bisa mampir, kopi darat. salam untuk para penghuni rumah baca …🙂

    salam

  2. 2 mashar December 22, 2011 at 12:58 pm

    Wah senang sekali sempat mampir di blog kami. Lebih senang lagi kalau bisa sempat mampir di markas kami di daerah Bojongkulur. Ditunggu kedatanfgannya.

  3. 3 yusnitahakiem May 3, 2012 at 2:59 am

    menarik sekali blognya..saya ingin sekali mengadaptasi kegiatan2 rumah baca di daerah saya. kalau boleh tahu, rentang usia berapa yang boleh bergabung di rumah baca kids.

    • 4 mashar May 3, 2012 at 9:19 am

      Rentang usia mereka adalah pada masa sekolah mulai dari SD kelas 1 – SMP kelas 1.
      Campuran antara perempuan dan laki-laki.
      Salam,
      Hartono

      • 5 yusnitahakiem May 4, 2012 at 7:38 am

        lalu, langkah awalnya bagaimana ya pak?? sepertinya, harus banyak belajar pada pak hartono nih..karena sementara ini kami baru bermodal buku-buku bacaan dan semangat untuk berbagi. mohon bimbingan.🙂

  4. 6 mashar May 6, 2012 at 4:49 am

    mengundang anak2 untuk pertamakalinya kelokasi dibarengkan dg event spt ulang tahun..kemudian minggu berikutnya diundang lagi untuk datang dg kegitaan membaca dan peminjaman buku… disela2 waktu pertemuan kadang diberikan kegiatan game, ketrampilan dan kegiatan menaarik lainnya… biar anak tdk bosan datang… biarkan mereka bereksplorasi dilingkungan Rumah baca.. . pagi setelah kegiatan biasanya kami menyediakan roti utk sarapan krn kegiatannya pagi jam 7.

  5. 8 RBGM9 June 4, 2012 at 1:29 am

    Alhamdulillah..keinginan saya (yusnitahakiem) untuk mendirikan rumahbaca sudah teralisasi. Mohon doa agar bisa istoqomah. Terimakasih atas inspirasinya. Dan kami mohon izin untuk mengadaptasi kegiatan rumah baca kids…Suatu kehormatan bila Rumah baca kids berkenan bertukar link..salam!


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s





%d bloggers like this: