The First English

DSC_0636

Bapak Manuel Iskandar sedang menjelaskan tentang perbedaan mendasar Bahasa Inggris dengan Bahasa Indonesia di Rumah Baca

Yang pertama selalu mendebarkan. Perasaan seperti itu pula yang dialami oleh seluruh peserta kursus bahas Inggris gratis yang diselenggarakan oleh Rumah Baca di hari Minggu, 17 Januari 2016. Kegiatan ini terselenggara berkat kesediaan Bapak Manuel Iskandar untuk mau berbagi ilmu dan meluangkan waktu untuk kemajuan anak bangsa. O ya, pada artikel sebelumnya, pernah diulas siapa itu Bapak Manuel Iskandar.

Kegiatan kursus Bahasa Inggris grartis ini rencananya akan diselenggaran secara rutin setiap hari Minggu pagi, mulai pukul 9 hingga 10, dan berlangsung untuk periode 3 bulan ke depan. Setelah masa itu, akan diadakan evaluasi tentang perkembangan dan kemajuan yang diperoleh, apakah akan dilanjutkan ke tingkat yang lebih tinggi atau dikembangkan sendiri oleh peserta.

Rumah Baca juga akan berusaha mendatangkan native speaker, untuk menjadi mitra berlatih. Kebetulan pada tahun ini ada anak AFS (American Field Service) yang sedang tinggal di daerah Cibubur. Namanya Isabelle, dari Amerika Serikat.
Pada kesempatan pertama kursus Bahasa Inggris ini, para peserta baru mengenal teori dasar berbahasa Inggris. Dijelaskan pula tentang perbedaan mendasar antara Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia. Perbedaanya terletak pada kata kerja (verb) yang akan berubah mengikuti keterangan waktu. Nah, ada 12 keterangan waktu yang harus dimengerti. Perubahan kata kerja terbagi dalam 2 bentuk, yakni regular dan irregular. Kalau perubahan regular verb itu gampang, karena tinggal menambahkan “ed” di belakang setiap kata kerja. Nah, yang sedikit agak susah itu adalah irregular verb, karena memang harus dihafal. Tapi, tenang dulu. Kalau kita belajar sedikit demi sedikit, dan rutin setiap waktu, insha Allah semua akan berjalan lancar, dan kita bisa menguasai Bahasa Inggris dengan baik.

Nah, untuk latihan pertama ini, peserta diminta membuat sesi perkenalan dengan simple present tense, yang meliputi perkenalan nama, tempat tinggal, hobby, umur, pekerjaan, dan jumlah saudara yang dimiliki. Sesi perkenelan ini kelihatan sepele, tapi ini hal penting karena itulah pintu pertama kita akan bisa berkomunikasi dalam Bahasa Inggris.

Ayo, belajar Bahasa Inggris di Rumah Baca. Gratis! Dan pastti sangat bermanfaat di kemudian hari!

Have a good day and good luck!

0 Responses to “The First English”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s





%d bloggers like this: