Ringgit Malaysia dari Mak Cik dan Pak Cik

Cik Wan, Pak Megat, dan Ms Doris melawat ke Rumah Baca Kids. Mereka bertiga adalah perwakilan AFS (American Field Services) dari Malaysia. Ini adalah kunjungan tamu-tamu jauh yang kesekian kalinya, setelah ada tamu-tamu sebelumnya dari siswa pertukaran pelajar dari Amerika Serikat, Sarah, tamu kurator seni dari Los Angeles, Anne Tucker, dll.

Kunjungan semacam ini diharapkan mampu melecut semangat anak-anak di Rumah Baca Kids untuk menjadi yang terbaik, terus berprestasi, bertanggung jawab, berani, dan mandiri.

Pak Megat, yang mantan polisi, Cik Wan, yang mantan guru teknik, dan Ms Doris, yang bekerja di LSM, berkisah tentang Malaysia. Mereka mengajak anak-anak mengenal Malaysia melalui peta.

DSC_0225

Ketika giliran pertanyaan, ada anak yang menanayakan syarat-syarat ikut program AFS. Pertanyaan ini sangat bagus, berarti sudah ada minat untuk terus maju. Nah, suasana menjadi lebih seru ketika ada anak yang menayakan soal mata uang ringgit. Berapa nilai 1 ringgit malaysia? Ternyata 1 ringgit malaysia = rp. 3.600. Wah, kita kalah ya dengan Malaysia ya? Anak-anak kemudian diberi kesempatan melihat mata uang ringgit yang dibawa oleh Pak Megat, Cik Wan, dan Ms Doris.

Lawatan mak cik dan pak cik ini menjadi lebih segar dan ceria karena mereka ikut bermain bersama anak-anak. Permainan yang mereka mainkan adalah, “deposit-opposite” dan “simon says.” Permainan ini melatih konsentrasi dan motorik. Mereka menjadi semakin akrab dan gembira bersama.

Ms. Doris juga berkesempatan mengajarkan sedikit bahasa Mandarin, seperti apa kabar (ni hao ma), terima kasih (cheche).

Untuk menyambut para tamu, Asti dan Opie dari Rumah Baca Kids tampil membawakan nasakah graphic novel yang telah mereka buat. Sebagai hadiah atas prestasi keduanya, para tamu membeli buku karya mereka, sekaligus memberi kenang-kenangan berupa uang ringgit. Untuk anak-anak Rumah Baca Kids yang lain, mereka mendapat souvenir gantungan kunci dan bollpoint. Wah, senang sekali rasanya.

Terima kasih Pak Megat, Cik Wan, dan Ms. Doris atas lawatannya di Rumah Baca Kids.

DSC_0254

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s





%d bloggers like this: