Hari Buku Sedunia 7 Maret 2013

Ada kehebohan di Minggu pagi itu, 3 Maret 2013. Anak-anak di komunitas Rumah Baca Kids, yang bermarkas di Kampung Parung, Bojongkulur, Gunung Putri, Bogor, sedang bermain game berupa membuat kalimat. Masing-masing anak diberi kesempatan untuk menuliskan kalimat. Setelah selesai tulisan dalam kertas dilipat dan selanjutnya diserahkan kepada teman di sebelahnya. Maka kalimat demi kalimat mengalir tanpa mereka tahu apakah kalimat itu bakal nyambung satu dengan yang lain.

Tapi sungguh ajaib. Untaian kalimat pada kertas itu rata-rata selalu menyebut Ibu. Misalnya Ibu sedang memasak di dapur, Ibu belanja ke pasar, Ibu mneggendong adik, dll. Barangkali mereka memiliki kedekatan yang tinggi pada sosok ibu di rumah.

Itu adalah permainan pembuka untuk menyemangati anak-anak di Rumah Baca Kids. Permainan itu ibarat energizer, penghancur kebekuan di pagi hari, setelah semalam mendengkur di tempat tidur. Menyongsong hangatnya matahari pagi dan semangat yag harus dipompa untuk hari itu.

PrintTema pertemuan Minggu pagi itu adalah menyambut Hari Buku Sedunia, yang akan jatuh pada tanggal 7 Maret 2013. Anak-anak kemudian diajak untuk bersama-sama menuliskan apa yang mereka pahami dengan buku. Tulisan-tulisan yang dihasilkan cukup beragam. Bahkan ada yang mampu menuliskan dari sudut pandang orang dewasa, seklaigus unik dan mengejutkan. Tulisan-tulisan mereka tentang buku itu kemudian dibundel dalam buletin RUmah Baca Kids yang mereka beri nama “Ayanaon.” (Ayanaon adalah bahasa Sunda untuk Ada Apa – pen). Ini adalah buletin edisi ke-6. Anak-anak di Rumah Baca Kids terbilang rajin berkarya, dan mendokumentasikannya dalam bentuk buletin. Untuk karya kriya, mereka mengumpulkannya di dalam rak, yang berdampingan dengan buku-buku bacaan di perpustakaan. Sebagian karya kriya telah mereka pamerkan dan dari sana mendapat donasi dari para pengunjung.

Anak-anak di Rumah Baca Kids juga pernah menghasilkan karya novel grafis dan dicetak edisi terbatas dan dijual. Hasil penjualan buku disimpan sebagai tabungan pelajar.

Inilah beberapa tulisan anak-anak dari Rumah Baca Kids yang menggambarkan pemahaman mereka tentang buku.

Buletin Ayanaon edisi ke-6, dengan tema "Hari Buku Sedunia."

Buletin Ayanaon edisi ke-6, dengan tema “Hari Buku Sedunia.”

“Buku adalah kertas. Terbuat dari pohon. Pohon yang ditulis sang penulis, yaitu buku. Jika kau ingin menulis. Buatlah kertasnya sendiri dan buatlah buku. Gunakan hati bukan otak dalam membuat buku.” ~ Imantopo Dipo Suksma.

“Buku adalah untuk belajar membaca. Dan untuk mencari ilmu. Dan juga bisa dipelajari saat bersekolah. Kita mencari ilmu dari isi buku. Bagiku buku berguna. Dan buku terbuat dari pohon. Dan kita bisa sekolah. Kalau tidak ada buku ku tidak bisa belajar dan tidak bisa ke sekolah. Ku cinta buku.” ~ Hafiz.

“Buku tuh terbuat dari serbuk kayu. Buku tuh bentuknya persegi panjang. Dan manfaat buku tuh banyak sekali. Seperti dokter. Dokter itu sebelum menjadi dokter, dokter suka membaca buku yang tentang ilmu pengetahuan dokter. Buku banyak ilmunya.” ~ Nur Fadilah.

“Buku gudang ilmu. Buku kalau tidak ada kita tidak dapat ilmu. Buku banyak judulnya. Aku pintar karena buku. Buku kotak dan banyak lembar. Tukang sate masak enak karena ada resepnya di buku. Buku adalah untuk kreatif. Buku untuk menghibur juga. Dan ada juga yang menyeramkan!” ~ Deril Alfian.

“Buku adalah segudang ilmu ku. Buku bisa melewati kebodohan. Bagiku buku bagaikan laut yang luas sekali karna buku memberi pelajaran yang tak ternyangka. Buku terbuat dari kayu atau serbuknya. Buku itu berwarna putih yang halus dan indah. Kita bisa melihat materi pelajaran dengan buku. Buku itu sangat bermanfaat. Bagi kita bermacam-macam. Buku sperti buku pelajaran, dongeng dan cerita.” ~ Chaca.

Itulah sekelumit catatan anak-anak tentang buku. Sungguh mengharukan. Kepada mereka kita titipkan dunia ini kelak.

Reportase oleh Hartono Rakiman, pengasuh Rumah Baca Kids.

0 Responses to “Hari Buku Sedunia 7 Maret 2013”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s





%d bloggers like this: