Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia ke 4


Tanggal 15 Oktober diperingati setiap tahun sebagai Hari Cuci Tangan Pakai Sabun (HCTPS) sedunia. Tahun 2011 merupakan HCTPS yang ke 4. Rumah Baca Kids juga tidak mau ketinggalan untuk memperingatinya, sekaligus membiasakan kebiasaan bersih dan sehat untuk anak-anak yang masih rentan dengan berbagai kuman di sekelilingnya.

Peringatan HCTPS di Rumah Baca Kids diselenggarakan dengan permainan edukasi yang menghibur. Ada 4 anak yang memerankan makanan (Food), lalat (Flea), tangan (Finger), dan kotoran (Feses). Permainan 4 F ini sangat mudah untuk diingat, sekaligus belajar bahasa Inggris. Anak-anak berebut untuk menjadi “the F4.” Maka permainannya adalah bagaimana caranya agar Feses tidak sampai ke Food, melalui Flea maupun Finger. Ada sesi kejar-kejaran ketika Flea mengejar Food. Lho, Food kok bisa lari? Maka yang benar, agar Food tidak tercemar harus ditutup, bukan lari-lari, he…he….

Nah, giliran Finger setelah memegang Feses agar tidak mencemari Food, maka harus melakukan CTPS. Anak-anak Rumah Baca Kids mendapat pelajaran tentang cara CTPS yang benar, dengan 5 langkah: (1) membasuh denga air mengalir, (2) mengambil sabun, (3) menggosok punggung tangan, sela-sela jari, kuku, (4) membilas dengan air mengalir, (5) mengeringkan dengan lap bersih.


Agar lebih menarik, media air mengalir menggunakan botol air mineral bekas yang dilobangi bagian bawahnya, dan ditutup bagian atasnya. Begitu bagian atasnya dibuka, maka air akan mengalir. Maka, selain pelajaran CTPS, anak-anak juga mendapat pelajaran hukum fisika sederhana.

Ayo cuci tanganmu dengan sabun, biar bebas dari kuman!

3 Responses to “Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia ke 4”


  1. 1 askar October 24, 2011 at 4:08 am

    ………Bagai mengukuir diatas batu memang sulit menanamkan perilaku CTPS bagi anak-anak namun begitu ter-ukir maka akan cukup sulit menghapusnya…………..
    “upaya kecil namun berdampak besar bagi kehidupan searang anak”
    Patut diapresiasi upaya yang dilakukan oleh kominitas ruimah baca yang di motori oleh Pak Hartono.

  2. 2 Solihin Abas October 24, 2011 at 6:47 am

    Mantap abiz Pak, kegiatannya. Menarik dan menyenangkan….

  3. 3 mashar October 24, 2011 at 2:27 pm

    Terima kasih supportnya. Hidup hanya sekali, berikan yang terbaik!


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s





%d bloggers like this: