Media ekspresi

Dari ketiga kategori permasalahan: di sekolah (perselisihan di sekolah), di rumah (dimarahi orang tua), dan di kampung (membuang sampah sembarangan), Rumah Baca Kids memfasilitasi mereka untuk kemudian menemukan cara terbaik mengatasi masalah itu. Dari daftar panjang cara-cara kreatif yang mereka hasilkan, maka mereka kemudian diminta mengekspresikan lewat tiga media: foto, gambar dan tulisan.

Media foto ternyata diminati oleh anak-anak yang tergolong cukup  besar (kelas 5-6 SD). Media gambar paling banyak diminati oleh anak-anak. Mungkin ini adalah media yang paling akrab mereka geluti di sekolah. Hampir lebih dari 50% memilih media gambar ini. Sisanya media tulis. Cukup memprihatinkan, hanya ada 3 anak yang berminat menuliskan essay tentang permasalahan dan jalan keluarnya.

Untuk putaran pertama dalam minggu ini, melalui media foto anak-anak akan memotret permasalahn sampah di sekitar mereka. Sedangkan untuk media gambar, anak-anak mengekspresikan suasana sekolah ketika terjadi perselisihan atau perseteruan di sekolah, lengkap dengan balon kata-kata, mirip komik. Untuk media tulis, 3 anak tadi diminta menuliskan cerita ketika dimarahi orang tua dan bagaimana baiknya untuk mengatasi masalah itu.

 

0 Responses to “Media ekspresi”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s





%d bloggers like this: